Pakar SEO | Jakarta sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia dan menjadi pusat kegiatan Bisnis Nasional memiliki banyak praktisi Internet Marketing, banyak dari mereka yang telah sukses besar dan menjadi Pakar dibidangnya. Seorang Pakar SEO biasanya identik dengan seorang praktisi SEO yang menguasai ilmu tentang SEO.
Sebagian besar dari Pakar SEO biasanya adalah seseorang yang memberikan Jasa SEO atau berprofesi sebagai Konsultan SEO. Meskipun begitu ada banyak Pakar SEO yang fokus pada bisnis miliknya sendiri, baik itu menjual produk atau jasa atau menjadi affiliasi dari orang lain. Ada juga beberapa Pakar SEO yang lebih senang menjadi KOnsultan SEO untuk perusahaan-perusahaan dan ada juga yang senang mengurus website sendiri dan kemudian memasang program periklanan pada websitenya.
Kriteria sebagai seorang Pakar SEO memang agak sulit ditentukan karena belum ada lembaga resmi yang bisa memberikan sertifikasi, untuk menentukannya biasanya berdasarkan kesepakatan umum yang diambil dari track record, reputasi, prestasi dan kontribusi si pakar seo tersebut. jadi tidak hanya semata-mata jago SEO saja. Beberapa yang dianggap pakar SEO bisa anda temukan dengan mudah melalui Google.
Seorang Pakar SEO bukan hanya orang yang memebrikan Jasa SEO, Private SEO atau konsultan SEO tetapi lebih kepada orang yang seraca wawasan mengerti dan faham tentang Ilmu SEO dan implementasinya. Secara Global dia juga faham tentang Internet marketing dan Digital Marketing. Untuk persamaan mungkin seorang Pakar SEO bisa disamakana dengan seorang Agen Digital Marketing yang harus faham betul cara promosi, Branding dan Konversi.
Berapa banyak Pakar SEO di Indonesia, tentunya kita tidak bisa memastikan karena ada banyak praktisi SEO yang layak disebut sebagai pakar SEO pun juga orang-orang yang mengaku sebagai Pakar SEO di Indonesia. Sebagain besar dari Pakar SEO ini adalah pelaku Internet marketing, meskipun sebagian lagi lebih ke menjual jasa SEO kepada para kliennya.
Pakar SEO identik dengan seseorang yang memiliki kemampuan optimasi SEO dan mampu mempertanggungjawabkan kemampuannya tersebut, jadi buakn sekedar mengaku-ngaku mampu atau bisa melakukan optimasi SEO tetapi ternayta hasilnya adalah nihil. Tanpa banyak alasan, seorang Pakar SEO akan mampu memberikan solusi terbaik kepada para klien-kliennya.
Pakar SEO juga bisa menjadi seorang Konsultan SEO bagi kliennya terutama dalam hal konsultasi seputar masalah optimasi website, sehingga bisa memberikan pencerahan dan menunjukan strategi terbaik dalam promosi.
Tidak mudah menjadi seorang Pakar SEO, karena penilaian tidak hanya dilihat dari sisi kemampuan saja teapi juga dari attitude dan kontribusi terhadap profesi. Seorang Pakar SEO tidak dinilai dari kemampuan seseorang karena sering memenangkan kontes SEO atau dari earning harian yang mencapai ribuan dollar, tetapi lebih kepada sejauh mana dia bisa menjadikan profesi SEO ini dikenal luas oleh masyarakat dan bisa menjadi alternatif sumber penghasilan selain profesi pekerjaan yang sudah umum.
Beberapa Pakar SEO ada yang sudah mulai memperkenalkan dunia internet marketing dengan memberikan banyak pelatihan SEO, Training SEO, Workshop SEO atau Seminar SEO. beberapa ada yang mengkomersialkan kegiatannya dan tidak tanggung-tanggung ada yang memberikan harga sangat mahal untuk ikut serta di kelasnya, sebagian ada yang memberikan harga murah dan sebagian lagi ada yang dengan sukarela memberikan kegiatannya secara gratis.
Tidak banyak memang Pakar SEO yang bisa dijadikan panutan, dari sebagian besar yang mengaku sebagai pakar SEO secara skill dan kontribusinya masih diragukan. jadi kita harus cerdas memilih mana yang memang pakar SEO sebenarnya dan mana yang hanya mengaku-ngaku sebagai Pakar SEO.
Beberapa sahabat yang bertanya kepada saya, siapakah Pakar SEO Indonesia? saya sampaikan bahwa ada banyak yang layak disebut pakar SEO di Indoensia, terkadang bukan hanya dari sisi kemampuannya saja tetapi juga dari attitude dan juga kontribusinya terhadap perkembangan SEO itu sendiri di Indonesia.
Sangat menarik memang ketika kita berbicara mengenai pakar SEO, ada beberapa peserta private SEO yang belaajr kepada saya mengungkapkan bahwa sebelumnya mereka pernah belajar kepada orang lain yang mengaku sebagai Pakar SEO tetapi ternyata tidak mendapatkan hasil yang diinginkan padahal mereka sudah mengikuti pelajaran yang didapat dari sana. Beberapa ada yang kecewa karena ternyata saat belajar tidak diajar langsung oleh sang Pakar SEO tetapi oleh assistennya yang kemampuannya masih dipertanyakan.
Ada lagi pengakuan dari beberapa Klien yang kecewa karena pernah menggunakan jasa SEO dari orang yang mengaku Pakar SEO ternyata hasil kerjanya nol besar, bahkan diketahui kalau si Pakar SEO yang dia sewa menggunakan ebberapa teknik yang tidak sesuai dengan anjuran dari Google alias menggunakan teknik Blackhat dan otomatis situsnya mendapatkan sangsi atas kegiatan tersebut. Berdasarkan dari beberapa pengalaman seperti ini diharapkan agar kita lebih hati-hati dan lebih cerdas dalam memilih Pakar SEO yang ingin kita pergunakan jasanya.
Seorang Pakar SEO biasanya dicari utnuk diminta jasanya dalam emngoptimasi sebuah website atau menggunakan jasanaya untuk konsultasi SEO. sebagai seorang konsultan SEO si pakar diharapkan bisa memberikan masukan dan solusi yang terbaik untuk menjadikan situs klien menjadi lebih populer dan teroptimasi dengan baik.
0 komentar:
Posting Komentar